Dec 15, 2015

RUKUN ISLAM

Rukun artinya: Tiang atau bagian yang pokok. Sesuatu tidak akan menjadi atau berdiri tegak, bila bagian-bagiannya yang pokok atau rukunnya tidak cukup.





Rukun Islam itu ada lima perkara:
  1. Mengucapkan dua kalimat SYAHADAT
  2. SHOLAT.
  3. PUASA di bulan Ramadhan.
  4. Membayar ZAKAT.
  5. Mengerjakan HAJI.
Tiap-tiap orang Islam harus mengerjakan rukun Islam yang lima itu dengan syarat dan rukunnya yang telah ditentukan.

Tiap-tiap orang yang mengerjakan rukun Islam itu disbut MUSLIM, wanitanya MUSLIMAH. Dan kalau banyak disebut MUSLIMIIN atau MUSLIMUUN, wanitanya disebut MUSLIMAT.

Semua lima perkara itulah yang akan kita pelajari selanjutnya.

Di dalam hadits disebutkan sebagai berikut:

عَنْ أَبِيْ عَبْدِ الَّرحْمَنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهِ عَنْهُمَا قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم يَقُوْلُ : بُنِيَ الإسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ : شَهَادَةِ أَنْ لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ وَإِقَامِ الصَّلاَةِ وَإِيْتَاءِ الزَّكَاةِ, وَحَجِّ الْبَيْتِ, وَصَوْمِ رَمَضَانَ. (رواه البخاري و مسلم) 
Artinya: Abu Abdurrahman Abdullah bin Umar bin Khaththab Radhiyallahu 'anhu berkata : Aku pernah mendengar Rasululah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: “Islam dibangun atas lima pekara. (1) Persaksian bahwa tiada Tuhan selain Allah, dan Muhammad Rasul Allah, (2) mendirikan shalat, (3) mengeluarkan zakat, (4) melaksanakan ibadah haji, dan (5) berpuasa Ramadhan”. [HR Bukhari dan Muslim].



A. RUKUN ISLAM YANG PERTAMA
     Mengucapkan dua kalimat Syahadat
     Syahadat artinya; Pengakuan
     Pertama: Pengakuan bahwa tidak ada Tuhan yang sebenarnya selain Allah
     Kedua: Pengakuan bahwa Muhammad itu adalah utusan (pesuruh) Allah
     Bunyi kedua kalimat Syahadat itu adalah sebagai berikut:

أشهد أن لا اله الا الله  و أشهد ان محمد رسول الله
    Artinya:
     Aku mengakui bahwa tidak ada Tuhan yang sebenarnya melainkan Allah,
     dan aku mengakui bahwa Muhammad itu utusan (pesuruh) Allah. 

     Pengakuan pertama disebut Syahadat Tauhid, pengakuan kedua disebut Syahadat Rasul.
     Orang yang baru masuk Islam harus mengucapkan kedua kalimat Syahadat itu.
     Kewajiban mengucapkan sebagai Rukun Islam cukuplah sekali dalam seumur hidup.

     Syarat-syarat mengucapkan kedua kalimat Syahadat:
     1. Dibaca dengan tertib (berurutan).
     2. Mengerti maksud dan artinya.
     3. Tidak ragu-ragu mengucapkannya.
     4. Tidak mengakui kebalikannya.


B. RUKUN ISLAM YANG KEDUA
     Mendirikan Sholat:
     Sholat yang diwajibkan setiap sehari semalam ada lima waktu:
     1. Subuh, dua raka'at. Waktunya dari terbit fajar hingga terbit matahari. Lebih kurang di Indonesia dari jam 04.30 - 06.00 (waktu setempat).*
     2. Dhuhur, empat raka'at. Waktunya mulai matahari condong ke barat sampai waktu panjang bayangan suatu benda yang berdiri lurus sama panjang benda tersebut, ditambah panjang bayangan pada jam 12 tepat. Lebih kurang  di Indonesia antara jam 12.05 - 15.00 (waktu setempat).*
     3. 'Ashar, empat raka'at. Waktunya dari penghabisan waktu Dhuhur hingga matahari terbenam. Lebih kurang di Indonesia antara jam 15.00 - 18.00 (waktu setempat).*
     4. Maghrib, tiga raka'at. Waktunya mulai terbenam matahari sampai hilangnya cahaya mega kemerah-merahan diwaktu sore. Lebih kurang di Indonesia antara jam 18.00 - 19.00 (waktu setempat). *
     5. 'Isya`, empat raka'at. Waktunya mulai habisnya waktu Maghrib hingga terbit fajar Subuh. Lebih kurang di Indonesia antara jam 19.30 - 04.00 (waktu setempat).*

*yang dimaksud dengan "waktu setempat" bukanlah jam di radio ataupun jam di televisi untuk Jakarta yakni Jawa. Tetapi waktu di Surabaya mendahului waktu setempat di Jakarta hampir 30 menit.
Waktu Maghrib di Surabaya selamanya mendahului waktu Maghrib di Jakarta, meskipun jam radio atau jam televisi untuk kedua kota itu satu, sama-sama menurut jam radio dan jam televisi Waktu Indonesia Barat. Perhatikanlah pelajaran Geografi.


Hal ketentuan waktu yang lebih teliti, dapat diperiksa dalam jadwal waktu sholat yang tersusun, dan yang biasanya telah tersedia di mana-mana, khususnya di masjid-masjid.

Sholat itu mempunyai beberapa syarat dan rukun. Syarat-syarat dan rukunnya, serta cara mengerjakannya akan diterangkan pada bagian lain-lain.

Syarat-syarat yang terpenting dan wajib kita terangkan sebelum kita mulai sholat ialah:
"Kita harus bersih (suci) badan kita, pakaian kita dan tempat sholat kita, dari najis. Lagipula harus bersih (suci) badab kita dari hadas yakni harus berwudlu dan mandi"

Hal yang mengenai kebersihan dan bersuci ini dinamakan Thaharah.




Sumber: Pelajaran Fiqih 1, KH. Imam Zarkasyi, Trimurti Press, Gontor - Ponorogo
Load disqus comments

0 comments